Stack and Queue


Hasil gambar untuk ilustrasi kerja pada push queue











1. Stack
Stack atau tumpukan dapat diartikan sebagai suatu kumpulan data yang seolah-olah terlihat seperti ada data yang diletakkan di atas data yang lain. Kaidah utama dalam konsep stack adalah LIFO yang merupakan singkatan dari Last In First Out, artinya adalah data yang terakhir kali dimasukkan atau disimpan, maka data tersebut adalah yang pertama kali akan diakses atau dikeluarkan.


Operasi pada Stack :
  • Operasi push, berfungsi memasukkan sebuah nilai atau data ke dalam stack. Sebelum itu, nilai atau data dimasukkan ke dalamstack, dengan cara menaikkan posisi top satu level ke atas. ilustrasi kerja pada operasi push:

Gambar 3.2 Ilustrasi kerja operasi push

  • Operasi pop, berfungsi umengeluarkan atau menghapus nilai terakhir (yang berada pada posisi paling atas) dari stack, dengan cara menurunkan nilai top satu level ke bawah. Berikut ilustrasi kerja pada operasi pop:

Gambar 3.3 Ilustrasi kerja operasi pop

  • Operasi clear : digunakan untuk mengosongkan Stack.
  • Operasi create stack : membuat Tumpukan baru S, dengan jumlah elemen kosong.
  • Operasi makeNull : mengosongkan Tumpukan S, jika ada elemen maka semua elemen dihapus.
  • Operasi IsEmpty : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah Stack sudah kosong.
  • Operasi Isfull : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah Stack sudah penuh.

2. Queue 
Queue merupakan suatu struktur data linear. Perbedaannya dengan stack adalah operasi penambahan dan penghapusan pada ujung berbeda. Penghapusan dilakukan pada bagian depan (front) dan penambahan berlaku pada bagian belakang (Rear). Elemen-elemen di dalam antrian dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur.
Tumpukan pada queue disebut juga “Waiting Line” yaitu penambahan elemen baru dilakukan pada bagian belakang dan penghapusan elemen dilakukan pada bagian depan. Sistem pada pengaksesan pada Queue menggunakan sistem FIFO (First In First Out), artinya elemen yang pertama masuk itu yang akan pertama dikeluarkan dari Queue. 

Operasi pada Queue :
  • Operasi enqueue, berfungsi memasukkan sebuah data atau nilai ke dalam queue. Pada proses enqueuetail -lah yang berjalan seiring masuknya data baru ke dalam antrian, sedangkan head akan tetap pada posisi ke-1.


Gambar 3.5 Ilustrasi kerja operasi enqueue


  • Operasi dequeue, digunakan untuk menghapuskan sebuah data atau nilai yang paling awal masuk ke dalam queue. Operasi ini menaikkan nilai head satu level.
                                     Gambar 3.6 Ilustrasi kerja operasi dequeue
  • Operasi Create Queue (Q) : membuat antrian baru Q, dengan jumlah elemen kosong
  • Operasi Make NullQ (Q) : mengosongkan antrian Q, jika ada elemen maka semua elemen dihapus.



Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heap and Tries